l

TENTANG TWITTER

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan atau tweetsKicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut atau Followers.

A.                 SEJARAH

  Ø                    Pendirian dan reaksi awal

Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Jack Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York, mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Nama kode proyek asli untuk layanan ini adalah twttr, gagasan yang kemudian diungkapkan oleh Evan Williams dikemukakan oleh Noah Glass; terinspirasi oleh Flickr dan kode singkat SMS Amerika yang jumlahnya lima digit. Para pengembang awalnya memutuskan angka "10958" sebagai kode singkat untuk layanan ini, namun kemudian diubah menjadi "40404" untuk kemudahan "penggunaan dan pengingatan." Pengerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006, ketika Dorsey memublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi: "just setting up my twttr".
"...kami memilih kata 'twitter', dan itu sempurna. Defenisinya adalah 'ledakan singkat informasi tidak penting', dan 'celotehan burung'. Dan seperti itulah tepatnya produk ini. – Jack Dorsey
Twitter pertama kali digunakan sebagai layanan internal bagi karyawan Odeo, dan versi lengkapnya diperkenalkan kepada publik pada tanggal 15 Juli 2006. Pada bulan Oktober 2006, Biz StoneEvan Williams, Dorsey, dan staf Odeo lainnya membentuk perusahaan baru, mengakuisisi Odeo dan semua asetnya – termasuk Odeo.com dan Twitter.com – dari investor dan pemegang saham. Williams lalu memecat Glass, yang tidak mengungkapkan mengenai perannya dalam pendirian Twitter hingga tahun 2011. Twitter berdiri sebagai perusahaan mandiri pada bulan April 2007.
Titik puncak popularitas Twitter terjadi saat penyelenggaraan konferensi South by Southwest Interactive (SXSWi) pada tahun 2007. Selama acara tersebut, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan menjadi 60.000 kicauan per hari. Menurut Steven Levy dari Newsweek, "Orang-orang Twitter dengan cerdik menempatkan layar plasma 60 inci di aula konferensi, yang secara eksklusif menayangkan pesan Twitter. Para panelis dan pembicara membicarakan layanan tersebut, dan para blogger yang hadir memujinya."
Reaksi publik pada konferensi tersebut sangat positif. Blogger Scott Beale berkata bahwa Twitter "benar-benar merajai" SXSWi. Pakar media sosialDanah Boyd, mengatakan bahwa Twitter "menguasai" konferensi. Staf Twitter menerima penghargaan Web Award, dan menyatakan: "kami ingin mengucapkan terima kasih dalam 140 karakter atau kurang. Dan kami baru saja melakukannya!".
Pesan Twitter pertama yang dikirimkan dari luar Bumi diposting dari Stasiun Luar Angkasa Internasional oleh astronot NASA bernama T. J. Creamer pada tanggal 22 Januari 2010. Pada akhir November 2010, rata-rata selusin kicauan per hari diposting dari akun @NASA_Astronauts. NASA juga telah menggelar lebih dari 25 "tweetups", yaitu ajang yang menawarkan akses VIP ke fasilitas NASA bagi para peserta di jejaring sosial untuk meningkatkan tujuan penjangkauan NASA. 

  Ø                 Perkembangan Twitter

Sudah lebih dari 400.000 kicauan dikirim-tampil (post) per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta kicauan dikirim-tampil per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per kuartal kicauan sudah dikirim-tampil. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar kicauan yang dikirim-tampil. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter mengirimkan 50 juta per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta kicauan yang dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 kicauan dikirim setiap detik, menurut Twitter.
Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 kicauan per detik di kedua periode 30 setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan lagi ketika 3085 kicauan per detik yang dikirim-tampil setelah kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael Jackson" pada tingkat 100.000 kicauan per jam.

B.                LOGO

Secara internasional, Twitter dikenal dengan logo burung birunya yang bernama "Larry the Bird". Logo asli digunakan sejak peluncuran Twitter pada 2006 hingga bulan September 2010. Versi modifikasi logo Twitter diluncurkan saat Twitter mendesain ulang situsnya untuk pertama kali.
Pada 27 Februari 2012, seorang karyawan Twitter yang menangani platform dan API perusahaan berkicau mengenai evolusi logo "Larry the Bird", mengungkapkan bahwa logo tersebut dinamai berdasarkan Larry Bird, pemain NBA dari Boston Celtics. Pada 5 Juni 2012, Twitter meluncurkan logo ketiga yang di desain ulang, menggantikan "Larry the Bird" dengan logo baru yang dinamakan "Twitter Bird." Pada revisi logo ini, kata "twitter", dengan huruf "t" kecil, tidak lagi digunakan, dan burung menjadi satu-satunya simbol yang digunakan sebagai logo perusahaan. Menurut Douglas Bowman, desainer grafis Twitter, logo baru ini terinspirasi dari Gunung Bluebird.  




C.                FITUR

          1.                   Kicauan

Secara standar, kicauan (tweet) pengguna dapat terlihat oleh umum, namun pengguna dapat membatasi pengiriman kicauan hanya bagi pengikut mereka. Pengguna bisa "berkicau" melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (seperti untuk telepon pintar), ataupun melalui layanan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Layanan-layanan tersebut bersifat gratis, kecuali layanan SMS, yang dikenakan biaya oleh penyedia layanan seluler.
Pengguna bisa berlangganan kicauan pengguna lain dengan cara mengikuti (follow) pengguna yang bersangkutan, dan pengguna yang mengikuti tersebut akan menjadi pengikut (followers) bagi pengguna yang diikutinya. Sebutan lainnya adalah tweeps, singkatan dari Twitter dan peeps. Pengguna bisa memeriksa orang-orang yang membatalkan pertemanan (unfollowing) melalui berbagai layanan. Selain itu, pengguna juga bisa memblokir pengguna lain yang telah mengikuti mereka.

                      1)                  Konten

Perusahaan riset Pear Analytics menganalisa 2.000 kicauan pengguna Twitter di Amerika Serikat selama dua minggu pada bulan Agustus 2009, dari pukul 11:00 am sampai 5:00 pm (CST), dan membaginya ke dalam enam kategori:

  •   Clotehan tak berarti – 40%
  •  Percakapan – 38%
  •  Pesan berulang/retweet – 9%
  •   Promosi diri – 6%
  • Spam – 4%
  •  Berita – 4%

                      2)                   Format 

Pengguna dapat mengelompokkan kicauan menurut topik atau jenis dengan menggunakan tagar (hashtag) – kata atau frasa yang diawali dengan tanda "#". Sedangkan tanda "@", yang diikuti dengan nama pengguna, digunakan untuk mengirim atau membalas kicauan pada pengguna lain. Untuk memosting ulang kicauan pengguna lain dan membaginya pada pengikut sendiri, terdapat fitur retweet, yang dilambangkan dengan "RT". Pada akhir 2009, Twitter menambahkan fitur "daftar" (list), yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan membalas kicauan pada daftar pengguna, bukannya pada pengguna secara perorangan.

Melalui pesan singkat, pengguna dapat berkomunikasi via Twitter dengan menggunakan lima digit nomor gatewaykode singkat untuk Amerika Serikat, Kanada, India, Selandia Baru, dan Pulau Man sesuai dengan nomor internasional. Kode singkat di Britania Raya hanya bisa diakses oleh pelanggan VodafoneO2, dan Orange. Di India, karena layanan Twitter SMS hanya didukung oleh Bharti Airtel, platform alternatif bernama smsTweet dibentuk oleh seorang pengguna, yang mendukung semua operator. Ada juga platformserupa bernama GladlyCast untuk pengguna di Singapura, Malaysia, dan Filipina.
Kapasitas kicauan yang ditetapkan dibatasi 140 karakter untuk alasan kompabilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan notasi singkat dan bahasa slang yang umum digunakan dalam SMS. Batas 140 karakter ini telah meningkatkan penggunaan layanan penyingkat URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, serta layanan penampung konten seperti Twitpic, memozu.com, dan NotePub, untuk mengakomodasi konten multimedia dan teks yang panjangnya lebih dari 140 karakter. Sejak Juni 2011, Twitter telah menggunakan domain sendiri, yakni t.co, untuk menyingkat otomatis semua URL yang diposting di situsnya. 

                      3)                   Topic Hangat

Sebuah kata, frasa, atau topik yang lebih banyak dibicarakan daripada topik lainnya disebut dengan topik hangat/tren (trending topics). Suatu topik bisa menjadi tren karena adanya upaya terpadu oleh pengguna, ataupun karena adanya suatu peristiwa yang mendorong orang untuk membicarakan satu topik tertentu. Topik ini membantu Twitter dan penggunanya untuk memahami apa yang sedang terjadi di dunia. Twitter sendiri telah mengubah algoritma topik hangat terdahulu untuk mencegah manipulasi tren.

         2.                   Aplikasi dan seluler

Ada banyak layanan dan aplikasi klien Twitter yang bisa digunakan untuk menambahkan dan memantau konten, ataupun untuk mengirim dan membalas kicauan, di antaranya adalah Telly (layanan berbagi video, dulunya bernama Twitvid), TweetDeckSalesforce.com,HootSuite, dan Twitterfeed. Pada tahun 2009, hampir setengah kicauan diposting dengan menggunakan antarmuka pengguna web, dan sebagian besarnya menggunakan aplikasi pihak ketiga (berdasarkan riset terhadap 500 juta kicauan yang dilakukan oleh Sysomos).
Twitter memiliki aplikasi seluler untuk  iPhone,  iPad,  Android,  Windows PhoneBlackBerry, dan Nokia s40. Ada juga situs web bagiperangkat seluler, layanan Twitter SMS, dan MMS. Twitter membatasi penggunaan aplikasi pihak ketiga dengan menerapkan batas 100.000 pengguna.
Pada 31 Agustus 2010, aplikasi Twitter pihak ketiga diwajibkan untuk menggunakan OAuth, metode otentikasi yang tidak mengharuskan pengguna untuk memasukkan kata sandi mereka ke dalam aplikasi. Sebelumnya, metode otentikasi OAuth bersifat opsional. Saat ini, metode ini diwajibkan dan metode otentikasi kata sandi/nama pengguna tidak lagi bersifat fungsional. Twitter menyatakan bahwa metode OAuth ini akan "meningkatkan keamanan dan pengalaman ber-Twitter yang lebih baik." 

        3.                   Verifikasi akun

    Pada bulan Juni 2008, Twitter meluncurkan program verifikasi, yang memungkinkan para selebriti dan figur publik untuk memverifikasi akun mereka. Program ini awalnya ditujukan untuk membantu pengguna mengenali akun selebriti yang benar-benar dimiliki oleh selebriti tersebut, bukannya akun palsu. Sejak saat itu, program ini telah digunakan untuk memverifikasi akun para pengusaha dan figur publik yang mungkin tidak aktif berkicau, namun masih ingin mempertahankan kontrol atas akun yang menyandang nama mereka.

    D.               PENGGUNAAN DAN DAMPAK SOSIAL

    Twitter telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek. Sebagai contoh, Twitter dimanfaatkan sebagai sarana protes, kadang-kadang disebut dengan "Revolusi Twitter", termasuk dalam revolusi Mesir 2011protes Tunisia 2010-2011protes pemilihan umum Iran 2009-2010, dan kerusuhan sipil Moldova 2009. Pemerintah Mesir dan Iran memblokir layanan Twitter di negaranya sebagai bentuk pembalasan. Pada 28 Februari 2011, surat kabar The Hill menggambarkan Twitter dan media sosial lainnya sebagai "senjata strategis yang memiliki kemampuan untuk menyelaraskan kembali tatanan sosial secara nyata". Selama Arab Spring pada awal 2011, jumlah tagar yang membicarakan pemberontakan di Tunisia dan Mesir meningkat. Studi yang dilakukan oleh Dubai School of Government menemukan bahwa hanya 0,26% penduduk Mesir, 0,1% penduduk Tunisia, dan 0,04% penduduk Suriah yang aktif di Twitter.

    Twitter juga dimanfaatkan sebagai sarana pembangkangan sipil: pada tahun 2010, pengguna di Inggris mengungkapkan kemarahannya terhadap Twitter Joke Trial dengan menciptakan lelucon mengenai terorisme. Setahun kemudian, masih di negara yang sama, beberapa selebriti memicu kontroversi karena memosting pernyataan anonim, yang paling terkenal adalah pemain Manchester UnitedRyan Giggs. Selain itu, Twitter juga dimanfaatkan sebagai sistem komunikasi darurat dalam berbagai peristiwa. Twitter memang tidak dimaksudkan sebagai media komunikasi utama, namun gagasan bahwa layanan ini bisa digunakan sebagai sarana komunikasi darurat tentu sudah dipikirkan oleh pencetusnya; Kepolisian Boston memberitakan mengenai penangkapan tersangka Pemboman Marathon Boston 2013 melalui Twitter. Penggunaan praktis Twitter lainnya yang sedang diteliti adalah kemampuan Twitter untuk melacak epidemi dan penyebarannya.

    Twitter juga telah diadopsi sebagai alat komunikasi dan pembelajaran di lingkungan pendidikan, terutama di perguruan tinggi dan universitas. Studi menemukan bahwa pemanfaatan Twitter dalam perkuliahan bisa membantu siswa dalam berkomunikasi, mempromosikan pembelajaran informal, dan meningkatkan partisipasi mahasiswa pemalu. Pada bulan Mei 2008, The Wall Street Journal menulis bahwa layanan jejaring sosial seperti Twitter "menimbulkan perasaan campur aduk pada orang-orang cerdas-teknologi yang sudah menjadi pengguna dari awal. Pengguna menyatakan bahwa Twitter adalah sarana yang bagus untuk tetap berhubungan dengan teman yang sibuk. Namun beberapa pengguna akhirnya mulai merasa 'terlalu' terhubung; mereka harus menyaksikan pesan "check-in" pada waktu yang tidak pantas, tagihan ponsel yang lebih tinggi, dan dorongan untuk memberitahu teman agar berhenti mengumumkan apa yang mereka santap untuk makan malam." 

    Pada tahun 2007, penulis teknologi Bruce Sterling berpendapat bahwa menggunakan Twitter untuk berkomunikasi secara harfiah seperti "menembakkan" radio CB dan mendengar beberapa orang membaca Iliad".Pada September 2008, dalam editorial The New York Times Magazine, jurnalis Clive Thompson menyatakan bahwa penggunaan Twitter telah mengubah narsisme menjadi sesuatu yang "baru, supermetabolis – ekspresi berlebihan dari generasi selebriti – , para remaja yang percaya bahwa setiap ucapan mereka yang menarik harus dibagikan kepada dunia". Sebaliknya, kolumnis Vancouver SunSteve Dotto, beranggapan bahwa daya tarik Twitter terletak pada tantangan untuk memublikasikan pesan dalam keterbatasan [karakter]. Sedangkan Jonathan Zittrain, profesor hukum Internet di Harvard Law School, berpendapat bahwa "hal-hal yang membuat Twitter tampak konyol dan tidak berkualitas justru menjadi kekuatannya."

    Pada tahun 2009, Nielsen Online melaporkan Twitter memiliki tingkat retensi pengguna sebesar empat puluh persen. Kebanyakan orang berhenti menggunakan layanan ini setelah satu bulan, oleh sebab itu Twitter kemungkinan hanya mampu meraih sekitar sepuluh persenpengguna Internet. Pada 2009, Twitter memenangkan "Breakout of the Year" Webby Award. Pada Februari 2009, dalamWeekend Edition, jurnalis Daniel Schorr menyatakan bahwa akun Twitter organisasi berita tidak memeriksa fakta secara akurat dan perbaikan editorial lainnya. Sebagai tanggapan, Andy Carvin menunjukkan pada Schorr dua contoh berita terkini yang diperbincangkan di Twitter, dan berpendapat bahwa pengguna menginginkan berita dari akun pemosting-pertama. Pada tanggal 29 November 2009, Twitter dinobatkan sebagai "Word of the Year" oleh Global Language Monitor, dan menggambarkan Twitter sebagai "bentuk baru interaksi sosial".Majalah Time merilis daftar Time 100 2010 berdasarkan pengaruhnya, termasuk pengaruh di situs jejaring sosial populer seperti Facebook dan Twitter. Daftar ini berkisar dari Barack Obama dan Oprah Winfrey, hingga Lady Gaga dan Ashton Kutcher.

    Dalam upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas 2012, bertempat di Stadion Olimpiade, Sir Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web, memosting kicauan: "This is for everyone", yang dipantulkan melalui sebuah lampu LCD ke 80.000 orang di kursi penonton. Menurut analisa akun, 125 kepala negara dan 139 politisi terkemuka di dunia mempunyai akun Twitter yang jika digabungkan memiliki kicauan lebih dari 350.000 dan hampir 52 juta pengikut. Namun, hanya 30 akun yang menulis kicauan mereka sendiri, lebih dari 80 akun tidak mengikuti politisi lainnya dan sebagian besarnya bahkan tidak mengikuti siapapun.
    Media menduga bahwa tagar #wikileaks dan #occupywallstreet disensor oleh Twitter karena topik ini tidak muncul dalam daftar tren. Twitter menanggapinya dengan menyatakan bahwa "kami tidak menyensor tagar kecuali mengandung kata-kata kotor." Lebih dari dua puluh kardinal Katolik Roma memiliki akun Twitter yang aktif, sembilan di antaranya adalah kardinal elektor dalam Konklaf Kepausan 2013. Twitter juga menyebabkan penggunaan TV menjadi lebih interaktif. Efek ini terkadang disebut dengan "pendingin air virtual" atau "televisi sosial. Twitter berhasil mendorong orang-orang agar menyaksikan acara siaran langsung televisi, seperti OscarsSuper Bowl, dan MTV Video Music Awards; namun strategi ini kurang efektif pada acara-acara TV terjadwal. Pada April 2013, akun Associated Press diretas, melaporkan bahwa Presiden AS Barack Obama terluka dalam sebuah serangan di Gedung Putih. Saham perusahaan ini merosot seketika $134 juta, dan nilainya kembali ke semula setelah diketahui bahwa laporan tersebut palsu.

    E.                 STATISTIK

             1.                   Akun terpopuler

    Hingga 4 Desember 2013, sepuluh akun dengan jumlah pengikut terbanyak, baik individu maupun organisasi, adalah sebagai berikut:

    • Katy Perry (48,1 juta pengikut di seluruh dunia)
    • Justin Bieber (47,4 juta)
    • Lady Gaga (40,7 juta)
    • Barack Obama (40,3 juta) - akun terpopuler yang mewakili politisi
    • Taylor Swift (37,2 juta)
    • YouTube (36,9 juta) - akun terpopuler yang tidak mewakili individu
    • Britney Spears (34,5 juta)
    •  Rihanna (33 juta)
    • Instagram (29,4 juta)
    •  Justin Timberlake (28,9 juta)

    Akun lainnya:

    Twitter (27,5 juta)
    Cristiano Ronaldo (23 juta) - akun terpopuler yang mewakili atlet
    One Direction (16,5 juta) - akun terpopuler yang mewakili grup musik
    CNN Breaking News (14,4 juta) - akun terpopuler yang mewakili organisasi berita
    FC Barcelona (10,6 juta) - akun terpopuler yang mewakili tim olahraga

    Di Indonesia, sepuluh akun dengan jumlah pengikut terbanyak hingga 4 Desember 2013 adalah sebagai berikut:

    • Agnes Monica (9,4 juta)
    •  Ramalan Indonesia (7,4 juta)
    • Sherina Munaf (7,1 juta)
    •  Detikcom (6,3 juta)
    • Luna Maya (6,2 juta)
    • Raditya Dika (6,1 juta)
    •  Afgansyah Reza (5,5 juta)
    •  Vidi Aldiano (5,4 juta)
    • Shireen Sungkar (4,9 juta)
    •  Metro TV (4,7 juta)

             2.                   Akun terlama

    Akun terlama di Twitter adalah 14 akun yang aktif pada tanggal 21 Maret 2006, dimiliki oleh karyawan Twitter pada saat itu, termasuk @jack (Jack Dorsey), @biz (Biz Stone), dan@noah (Noah Glass).

    F.                MANFAAT TWITTER

    Berikut beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari twitter , yaitu :

    1.                   Mendapat berita terkini
    Ada banyak media cetak dan elektronik yang aktif di twitter , dengan memfollow akun mereka kita dapat mengetahui berita terkini dari tweet yang mereka bagikan.

    2.                  News feed
    Jadilah mendapatkan informasi dari sumber terpercaya dan sebarkan pada teman-teman.

    3.                  Media silturahmi
    Dengan memfollow dan difollow oleh keluarga dan teman-teman dapat dengan mudah berbagi informsi dengan mereka.

    4.                  Mendapat motivasi
    Ada banyak motivator baik dalam dan luar negri yang rutin membagikan kata-kata motivasi di akun Twitternya seperti : @tonyrobbins @tungdw.

    G.    CARA MEMBUAT AKUN TWITTER

            1.      Langkah ke-1 . Buka halaman website Twitter.comKlik tombol “sign up for twitter” atau                “daftar” yang ada di bagian bawah kanan website tersebut.


             2.     Langkah ke-2. Akan muncul halaman berikutnya, dimana kita harus mengisi kolom yang                   disediakan dengan data diri.


    v  Full name: Isi dengan nama lengkap
    v  Email address: Isi dengan alamat email Anda

    v  Create password: Masukkan password yang Anda inginkan, pastikan password cukup kuat agar akun twitter tidak mudah dibajak orang lain.

            3.      Langkah ke-3. Setelah melakukan langkah ke 2, klik daftar dan nanti akan muncul halaman                  baru. Pada halaman tersebut akan terlihat tampilan seperti di bawah ini :


    Klik tombol “Next” yang ada pada halaman tersebut, dan follow setidaknya 5 orang terkenal yang ada di halaman Twitter tersebut. Sebenarnya Anda tidak harus memfolow orang-orang tersebut, tapi ini adalah langkah awal yang baik jika ingin terhubung dengan orang-orang terkenal yang ada di Twitter.


    4.      Langkah ke-4. Bukalah email yang Anda gunakan untuk mendaftar di Twitter tadi. Periksa inbox Anda dan temukan email dari Twitter yang berisi link yang bertuliskan “Confirm your account now” atau URL yang digunakan untuk konfirmasi. Klik link/ URL tersebut, nanti akan muncul halaman baru di browser Anda. Pada halaman tersebut akan terlihat informasi bahwa email Anda sudah dikonfirmasi oleh pihak Twitter. 

    5.      Sampai pada langkah ke-4 sebenarnya Anda sudah berhasil membuat akun Twitter Anda. Langkah selanjutnya adalah membuat beberapa settingan pada akun Anda tersebut. Seperti setting foto profil , biodata dll pada twitter.

    H.    SITUS MIKROBLOG  LAIN 

    Disini penulis mengambil contoh yaitu mikroblog yang bernama WEIBO, dengan alasan situs weibo ini juga menggunakan follow dan followers, danmenrut saya tampilan hampir sama dengan twitter.

    Berikut sekilas tentang weibo :

    Sina Weibo (Tionghoa新浪微博; pinyin: Xīnlàng Wēibó; harfiah "Sina microblogging") adalah sebuah situs microblogging Cina. Mirip dengan hibrida dari Twitter dan Facebook, ini adalah salah satu situs paling populer di Tiongkok, digunakan oleh lebih dari 30% dari pengguna internet, dengan penetrasi pasar yang sama bahwa Twitter telah didirikan di Amerika Serikat. Situs ini diluncurkan oleh SINA Corporation di bulan Agustus 2009, dan memiliki lebih dari 200 juta pengguna terdaftar per Agustus 2011.
    Berikut tampilan sekilas weibo dan twitter :

    Berikut tampilan sekilas weibo dan twitter :

    PROFIL PENGGUNA TWITTER



    PROFIL PENGGUNA WEIBO




    BERANDA (WALL) PENGGUNA TWITTER



    BERANDA (WALL) PENGGUNA WEIBO





     "Terimakasih sudah mampir ke artikel saya , mohon maaf apabila ada kekurangan "

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar